Home » » Pendahuluan Android

Pendahuluan Android

Written By Octhavy Yansen on Senin, 26 November 2012 | 02.24


Selamat sore sobat blogger pada kesempatan kali ini saya akan memposting sebuah artikel yang membahas sebuah Pendahuluan Android dimana post sebelumnya saya juga sudah memposting sebagian Pendahuluan tersebut pada blog saya lainnya lihat disini, oke berikut artikel lanjutan pada posting saya sebelumnya

II. KUSTOMISASI

Kustomisasi adalah salah satukelebihan tersendiri yang telah menarik banyak orang untuk mencicipi Android. Dengan kustomisasi, perangkat milik Anda akan terlihat unik serta berbeda dibandingkan dengan perangkat yang sama yang dimiliki oleh orang lain bahkan dengan merek serta tipe yang sama sekalipun. Untuk melakukan kustomisasi ponsel Android, silakan tekan dan tahan jari Anda pada desktop perangkat Anda dan kemudian ikuti saja beberapa tips berikut:

1. Widget
Widget merupakan elemen atau bagian dari antarmuka grafis atau GUI baik berupa kotak teks, tombol dan sebagainya yang menyuguhkan informasi atau pengaturan yang dapat dikurangi atau ditambahkan oleh pengguna. Dengan widget Anda dapat menghiasi halaman depan perangkat Android Anda dengan beragam ikon yang menyajikan informasi ataupun menjadi jalan pintas setting sebuah perangkat. Dengan menekan dan menahan jari Anda pada halaman depan atau desktop ponsel, Anda kini dapat memilih untuk menginstal widget bawaan dari OS atau dari aplikasi yang Anda instal.

2. Web Shortcut
Tidak semua website favorit Anda memiliki aplikasi resmi yang mendukung platform Android. Untuk itu ada baiknya Anda memasang shortcut ke web favorit di halaman depan. Web shortcut memungkinkan Anda mengakses web langsung dari halaman depan ponsel tanpa harus masuk lebih dulu ke browser dan mengetikkan alamat URL nya seperti yang sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna.

3. Apps Shortcut
Sama seperti apps shortcut, Anda dapat juga membuat akses pintas ke aplikasi yang kerap Anda gunakan di halaman depan. Bagi Anda yang menggunakan ponsel Android berbasis Ice Cream Sandwich, Anda dapat menciptakan apps shortcut dengan cara menekan dan menahan ikon aplikasi pada halaman menu dan memindahkannya ke halaman depan. Sementara bagi Anda pengguna ponsel Android Gingerbread atau Froyo dapat melakukannya dengan cara menekan dan menahan jari Anda pada halaman depan hingga masuk ke shortcut lalu pilih application.

4. Contact shortcut
Dengan contact shortcut, Anda kini dapat mengirimkan pesan atau melakukan panggilan telepon langsung dari halaman depan. Caranya sama yakni dengan menekan dan menahan jari pada halaman depan hingga masuk ke shortcut lalu pilih direct dial atau direct message.

5. Homescreens

Antarmuka Android terdiri dari banyak homescreen yang dapat Anda isi dengan beragam shortcut dan widget dengan fungsi yang berbeda untuk masing-masing homescreen. Sebagai contoh, Anda dapat mengisi homescreen pertama dengan widget multimedia yang terdiri dari pemutar musik, video serta radio sementara untuk homescreen lainnya dapat Anda isi dengan widget foto serta shortcut ke kamera dan galeri.

6. Folder
Folder merupakan sebuah wadah yang menampung beragam shortcut, ikon dan widget dalam satu tempat. Misal Anda dapat menempatkan shortcut, widget dan ikon yang berkaitan dengan situs informasi berita dan cuaca dalam sebuah folder serta menamainya dengan berita. Dengan membuat folder, Anda dapat menghemat tempat dan waktu dalam mengakses aplikasi atau situs yang Anda perlukan.

7. Wallpaper
Anda dapat menggunakan wallpaper untuk mempercantik tampilan ponsel Anda. Selain memasang wallpaper dari internet, Anda juga dapat memasang foto yang Anda ambil sebagai wallpaper ponsel Anda. Untuk memasang foto diri sebagai wallpaper maka Anda cukup menekan dan menahan bagian kosong dari halaman depan ponsel lalu masuk ke wallpeper dan memilih galeri.

8. Screen Lock
Anda khawatir informasi yang Anda simpan didalam ponsel diintip orang lain? Jangan khawatir! Anda dapat mengunci ponsel Anda dengan masuk ke menu->settings->location and security->screen lock. Anda dapat memilih nomor sebagai PIN, huruf sebagai password, atau pola garis sebagai pattern lock. Jika ponsel Anda mengadopsi Android Ice Cream Sandwich, Anda juga dapat merekam wajah Anda dan menggunakannya sebagai kunci ponsel. Dengan memanfaatkan kamera depan, ponsel akan mengenali wajah pemiliknya dan membuka secara otomatis. Namun begitu cara ini masih kurang aman karena dapat dikelabui dengan meletakkan foto didepan kamera.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Blogger Template Free | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. M-Merapat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger